Uncategorized

Rapat Perdana, Tetapkan 15 Program Prioritas

App Developer

Wednesday, 18 May 2022 - 11:19:39

Rapat Perdana, Tetapkan 15 Program Prioritas


TANJUNG SELOR – 2 Maret 2021, menjadi hari pertama Bupati dan Wakil Bupati (Wabup) Bulungan, Syarwani-Ingkong Ala bekerja usai dilantik pada 26 Februari 2021.

Langkah awal, Syarwani menggelar silaturahmi dengan seluruh jajaran OPD di lingkungan Pemkab Bulungan. Namun, tidak semua OPD menghadiri kegiatan silaturahmi tersebut. “Ada beberapa OPD yang tidak hadir dan belum ada laporan atas ketidakhadiran. Salah satunya Camat Sekatak,” kata Syarwani kepada Radar Kaltara.

Padahal secara geografis, Kecamatan Peso lebih jauh jika dibandingkan Kecamatan Sekatak. Tetapi saat ini Camat Peso dapat hadir. “Jadi, saya minta hal ini bisa dievaluasi. Agar ke depan setiap ada kegiatan penting dapat dihadiri. Undangan saya rasa sudah jelas, tidak ada virtual,” tegasnya.

Selain menggelar silaturahmi, Syarwani juga turut memaparkan 15 program prioritas pembangunan di Bulungan. “Program pembangunan ini tetap mengutamakan sejumlah isu strategis daerah, baik infrastruktur, kesejahteraan masyarakat, pemberdayaan masyarakat perdesaan, ekonomi dan lingkungan,” sebutnya.

Adapun 15 program prioritas, yakni komando strategi pembangunan pertanian (Mandau Tani). Satu desa satu produk. Jaminan hasil produksi pertanian. Beasiswa vokasi berbasis potensi wilayah. Mandiri dan terampil (Mantera) Bulungan berdaulat. Benuanta religius. Mantap pelayanan dasar. Desa pintar desa digital. Bulungan reaksi cepat. Kredit masyarakat ekonomi sejahtera (mesra). Kemudian, mitra Bulungan berdaulat, ekowisata berbasis kearifan lokal. Transfer anggaran kabupaten berbasis ekologi (TAKE). Desa inovatif dan mall pelayan publik.

“Dengan kondisi ini saya berharap kita bisa bersinergi, tidak ada lagi perbedaan, semua adalah masyarakat Bulungan. Kita harus kompak bersatu, tinggalkan perbedaan politik. Meskipun, saya juga menghormati perbedaan,” ungkapnya.

Menurutnya, pembangunan dan pengembangan Bulungan lebih baik menjadi tanggung jawab semua pihak. Sehingga diperlukan adanya kekompakan dalam membangun Bulungan. “Sekecil apapun yang bisa dilakukan adalah kontribusi kita untuk Bulungan. Saya sangat mengharapkan adanya sinergitas, apapun persoalan di Bulungan nantinya,” ujarnya.

Sementara itu, Plt Kepala Bappeda Litbang Bulungan, Iwan Sugianta menambahkan, dalam pemaparan ada beberapa poin yang menjadi catatan. Salah satunya terkait refocusing anggaran. “Untuk merealisasikan 15 program prioritas ini tentunya perlu adanya sinergitas antar semua OPD,” bebernya.

Dalam waktu dekat ini akan digelar rapat lebih lanjut dengan seluruh OPD terkait untuk membahas 15 program prioritas ini. “Iya, rencananya ada rapat lebih lanjut dengan OPD,” singkatnya.

Sumber : Radar Tarakan - Jawa Pos